Sekilas tentang Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang digital yang tidak ada batasan negara dan biaya untuk transfer antar pengguna sangat kecil.

Dibilang digital karena ada filenya yang  terdiri dari kode enkripsi tingkat tinggi, dan biasanya disimpan dalam komputer/ notebook sebagai dompetnya. Bisa juga di Android/ Iphone, terlalu bahaya disimpan dalam smartphone karena terlalu mobile, kalau hilang smartphonenya hilang juga bitcoinnya. Bisa juga secara online di blockchain.info

Tingkat enkripsinya semakin hari semakin tinggi, jaman dulu kita bisa menggunakan komputer/processor sebagai alat untuk membuat engkripsi data, setelah semakin tinggi tingkat kesulitannya processor akan bekerja secara maksimum dan sangat panas, bisa jebol dan “hash” (hasil perhitungan enkripsi) yang dihasilkan semakin kecil.

Lalu dipakai VGA untuk mengerjakan hash yang lebih cepat dan VGA Radeon dianggap paling bagus untuk mengerjakan ini. Softare pengontrol (controller) nya adalah Komputer.

Lalu ada chipset ASIC yang khusus mengerjakan hash dan dapat berkerja lebih cepat lagi. Generasi pertama bisa mendapat 333 MH/s (mega hash per detik) lalu generasi kedua bisa mencapai 1,6 GH/s, generasi ketiga mencapai 2,6 GH/s.

Antminer U2

Contoh alat generasi pertama dalam bentuk usb ASIC miner adalah Antminer U1, Generasi kedua: Antminer U2 dan Generasi ketiga adalah BitFury/ BlueFury/ IceFury/ RedFury.

Antminer U2

Usb tersebut ditaruh dalam usb hub dan dinamai Bitcin Rig, biasanya 1 usb hub 10port terdiri dari 9 usb miner dan 1 kipas angin, untuk mendinginkan miner-miner.

Lalu ada Miner Hardware yang terdiri dari beberapa chipset ditambah kipas angin bisa menghasilkan hash yang lebih besar lagi.

Contoh: TwinFury, Rockminer R-Box 32-36GH/s

Rockminer R-Box

Dan ada lagi Miner Hardware yang sudah stand alone, tidak butuh Komputer untuk controller tetapi sudah built in.

Contoh: Avalon2 180-200GH/s, Antimner S1/ S2/ S3, Rockminer R3/ R4

Rockminer R3

Tempat untuk menambang yang ideal adalah tempat yang sejuk dan biaya listrik masih murah. Banyak miner di Indonesia karena biaya listrik termasuk murah, dan lebih banyak lagi miner di Bandung karena hawanya sejuk untuk mendinginkan semua peralatan. Internet dengan speedy atau 3G sudah cukup untuk kerja.

Pertama kita harus siapkan dompet/ waller untuk menyimpan btc dan untuk pendaftaran permainan. Ada banyak wallet, tapi yang saya pakai Multibit, yaitu offline wallet yang diinstal ke PC kita.

Download disini: MULTIBIT (install java dulu kalau belum ada java di PC nya)

Untuk yang koneksi internet lambat dan pemula lebih baik buka dompet online disini : BLOCKCHAIN , karena multibit butuh waktu cukup lama untuk sinkronisasi dengan data di blockchain, agak ribet untuk pemula. Juga untuk keamanan, jadi setelah btc kita di wallet blockchain sudah cukup banyak segera pindahkan ke Multibit (PC) supaya aman.

Setelah terinstall walletnya akan sinkronisasi dengan internet,  dibagian “Request” kita bisa melihat alamat wallet kita seperti ini:

12HGQHLvYBSx4ciprMpyVeTDPS5Uv6bigm

klik icon disampingnya untuk mencopy otomatis untuk di copas.

Kalau mau tukar rupiah, bisa tukar ke saya dengan kurs acuan bitcoin.co.id

Buat akun untuk menukarkan bitcoin ke rupiah:

Tempat/ Group/ Guild/ Pool/ kolam untuk menambang : disini

Link:

 

 

 

 

 

 

This entry was posted in IT Solution. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *